FAQ

Sering Banget Ditanyain

Kami coba merangkum beberapa pertanyaan yang sering banget ditanyain

Apakah yang dimaksud dengan ASI eksklusif?

ASI eksklusif berarti hanya memberi bayi ASI, tanpa makanan atau minuman lain termasuk air putih pada usia 0-6 bulan. (Disadur dari buku “A to Z ASI dan Menyusui”)

Apakah semua ibu bisa menyusui?

Setiap perempuan yang memiliki payudara memiliki perangkat untuk menyusui di tubuhnya. Saat hamil, payudara mulai mengaktifkan sel-sel yang bisa memproduksi susu. Hampir semua ibu yang hamil dan melahirkan anak dapat menyusui. Sebagian besar masalah menyusui umumnya ASI dirasa tidak mencukupi kebutuhan bayi dapat diatasi dengan memperbaiki cara menyusui, dibantu oleh seorang konselor menyusui. Sebagian kecil ibu dengan masalah fisik pun tetap bisa menyusui menggunakan teknik-teknik tertentu.(Disadur dari buku “A to Z ASI dan Menyusui”)

Bagaimana jika ASI saya sedikit? Bagaimana caranya agar ASI cepat keluar saat baru melahirkan?

Isu banyak atau sedikitnya ASI yang bisa diproduksi oleh dirinya adalah sangat penting bagi seorang ibu, bahkan keluarga besar. Saat ASI keluar adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh semua orang. Mungkin saja keluarga sudah menyiapkan satu dus susu formula karena khawatir dengan asupan bayi, atau
mungkin bahkan fasilitas kesehatan tempat melahirkan pun memberikan pilihan akan menggunakan susu merek apa untuk bersiap siap seandainya ASI belum keluar.Mungkin sebagian kita pernah berpikir bahwa keluarnya ASI adalah tergantung bakat sehingga ada yang bakat-nya banyak, ada yang bakat-nya sedikit. Banyak sedikitnya bakat ini kerap dikaitkan dengan kondisi ASI ibunya dahulu saat melahirkan dia. Mungkin juga ada yang berpendapat produksi ASI tergantung dari makanan yang dimakan ibu. Seorang ibu biasanya dimotivasi untuk makan banyak dengan asumsi ibu perlu makan untuk dua orang. Ibu yang makannya sedikit dikhawatirkan ASI-nya akan sedikit. Ibu juga mungkin mendapat saran untuk makan beberapa makanan yang dipercaya bisa membuat ASI melimpah. Mungkin ada pula
yang percaya bahwa produksi ASI tergantung ukuran payudara, payudara besar akan menghasilkan banyak ASI, sedangkan payudara kecil diragukan kemampuannya. Kenyataannya, produksi ASI bukan ditentukan oleh hal-hal di atas. Ibu makan banyak belum tentu ASI-nya banyak, ibu berpayudara kecil
mungkin saja ASI-nya melimpah, ibu yang makan sayur katuk bermangkok-mangkok bisa saja ASI-nya sedikit.(Disadur dari buku “A to Z ASI dan Menyusui”)

Apa cara terbaik untuk memperbanyak produksi ASI?

Cara terbaik untuk memperbanyak ASI tentu saja dengan memberi kesempatan pada bayi untuk menyusu sesering mungkin. Hai ini dikarenakan kerja payudara dalam membuat dan mengeluarkan susu dipengaruhi olehhormon oksitosin dan prolaktin yang keduanya akan muncul ketika bayi mengisap payudara. Produksi ASI mengikuti hukum supply meets demand (suplai tergantung permintaan). ASI akan diproduksi sebanyak yang diisap atau dikeluarkan, umumnya dengan ekstra tambahan sekitar dua puluh persen. Jika permintaannya kurang, bayi tidak sering disusui, maka ASI tidak akan banyak diproduksi.(Disadur dari buku “A to Z ASI dan Menyusui”)

Kapan saya perlu menemui konselor menyusui?

Sejak kehamilan hingga nifas, WHO menyarankan setidaknya ada tujuh pertemuan, dua kali di masa kehamilan dan lima kali setelah melahirkan hingga bayi berusia 6 minggu. Tujuannya agar ibu siap menyusui, dan jika setelah melahirkan ada masalah menyusui dapat segera ditemukan dan diselesaikan.(Disadur dari buku “A to Z ASI dan Menyusui”)

Jika puting saya kecil atau datar, bisakah saya menyusui?

Tentu bisa. Satu hal yang perlu dipahami untuk dapat mengeluarkan ASI dengan efektif, bayi perlu memasukkan tak hanya puting, tetapi juga sebagian besar areola. Semua itu dalam mulut bayi akan membentuk dot yang panjangnya sampai ke langit-langit mulut atas belakang bayi.(Disadur dari buku “A to Z ASI dan Menyusui”)

Bisakah saya melakukan IMD jika dioperasi caesar?

Selama ibu dan bayi stabil dan tidak diperlukan tindakan penyelamatan jiwa, Inisiasi Menyusu Dini dapat dilakukan. Pada kelahiran melalui caesar, IMD dapat dilakukan seperti biasa apabila ibu dianestesi epidural sehingga tetap sadar. Jika dilakukan anestesi umum sehingga ibu tidak sadar, IMD dapat dilakukan segera setelah ibu sadar dan responsif.(Disadur dari buku “A to Z ASI dan Menyusui”)

Kenapa ASI saya sedikit dan bening?

Berbeda dengan susu buatan yang homogen dengan bentuk yang selalu beragam, bentuk ASI dan warnanya berubah-ubah dari waktu ke waktu dengan komposisi yang selalu berubah sesuai kebutuhan bayi. Kolostrum berjumlah hanya sedikit dan hanya keluar berupa tetesan saat diperah, jumlahnya sekitar 2-20 ml untuk setiap sesi menyusui. Warnanya bening kekuningan atau kecokelatan. Tentunya akan mengecewakan sebagian kita yang mengharapkan ASI cair, banyak, dan berwarna putih seperti susu buatan yang biasa dilihat pada umumnya.(Disadur dari buku “A to Z ASI dan Menyusui”)