materi kultwit segala hal tentang penanganan ASIP nih, materi sebelumnya bisa liat di bit.ly/ManajemenASIP yak

@ID_AyahASI: ASI sering juga disebut sebagai cairan hidup, tersaji dengan segar dari payudara dan mengandung banyak enzim yang berguna bagi bayi
@ID_AyahASI: ASI juga mengandung banyak antioksidan,anti bakteri, prebiotik, probiotik, serta meningkatkan imunitas tubuh bayi dan penuhi nutrisi
@ID_AyahASI: Karena sering disebut cairan hidup, penanganan sesuai panduan sangat dibutuhkan, sekedar menjaga agar kandungannya tidak rusak
@ID_AyahASI: Kali ini agak panjang nih, mimin mau bahas mulai dari memompa – cara menyajikan, silahkan disimak atau ditambahkan yak
@ID_AyahASI: Biasakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum memerah ASI, baik menggunakan tangan atau pompa
@ID_AyahASI: Tangan yang tidak bersih dapat menyebarkan virus dan bakteri pada ASIP, botol dan pompa juga sebaiknya dlm kondisi steril
@ID_AyahASI: Mimin sarankan untuk belajar perah pake tangan, sering disebut Marmet Technique, teknik dasarnya ditemukan oleh Chele Marmet di tahun 1978
@ID_AyahASI: Semua merek pompa ASI sebenarnya sama aja, tapi namanya perempuan yak, beli barang itu harus bikin hati senang :D
@ID_AyahASI: Kalo ada pompa ASI yang bisa ningkatin PeDe pas pompa,bikin kita percaya bisa keluarkan ASI banyak, beli aja :D
@ID_AyahASI: Menyusui langsung vs Memompa ASI itu ibarat ciuman langsung sama suami vs ciuman sama foto suami, beda rangsangan akan beda hasil :D

@ID_AyahASI: Setelah di perah, ASIP biasanya disimpan di dalam botol (kaca atau plastik), bisa juga di kantong plastik khusus ASI
@ID_AyahASI: Khusus untuk botol plastik, pastikan sudah BPA Free yah, jangan gunakan kantong plastik selain yg khusus ASI
@ID_AyahASI: Penelitian sebutkan, botol plastik yg tidak BPA Free dan Plastik tidak khusus ASI bisa rusak kandungan ASIP
@ID_AyahASI: Buat yang perah di kantor, mimin sarankan untuk tidak menyimpannya di freezer, biar ga deg-degan mencair di jalan :D
@ID_AyahASI: Selalu sedia cool box + ice pack, panduan sebutkan ASIP di dalam coolbox yg di isi es bisa tahan hingga 24 jam
@ID_AyahASI: Jadi kalo habis perah dikantor, simpan di kulkas bawah, bawa pulang pake coolbox, sampe rumah bisa langsung ke freezer
@ID_AyahASI: Kalo ga ada kulkas di kantor, simpan di coolbox+ice pack udah cukup kok, pastikan es-nya bertahan lama yak
@ID_AyahASI: Kalo mau dipake dibawah 8 hari, mimin sarankan untuk tidak disimpan di freezer, agar lebih mudah dalam menyajikannya
@ID_AyahASI: Di kulkas bawah/chiller, ASIP bertahan 3-8 hari kok, gabung dengan makanan lain ga masalah, tp ditaro dlm box lg lebih baik v>

@ID_AyahASI: Prinsip penyimpanan ASIP sederhana kok, semakin dingin suhu simpannya makan akan semakin lama daya simpannya
@ID_AyahASI: Nah, kadang untuk memenuhi satu botol, kita bisa memerah beberapa kali kan? Ada syarat untuk menggabungkan ASIP
@ID_AyahASI: Syarat Gabungkan ASIP -> Jarak perah keduanya dibawah 24 jam, samakan suhu di kulkas, baru digabung deh
@ID_AyahASI: Misal: Perah ke-1 jam 7 pagi, masukkan kulkas dulu, perah ke-2 jam 7 malam, masukkan kulkas minimal 30 menit agar suhu keduanya sama
@ID_AyahASI: Setelah suhu keduanya sama, baru digabung, hal ini dilakukan agar proses pencampuran sempurna dan minimalisir kerusakan
@ID_AyahASI: Prinsip lainnya dalam tangani ASI adalah HINDARI sebisa mungkin perubahan suhu secara mendadak, perubahan suhu baiknya bertahap
@ID_AyahASI: ASI dari payudara suhunya akan sama kaya suhu tubuh, sekitar 37 derajat celcius, sementara suhu freezer bisa sampe -17 derajat
@ID_AyahASI: Jadi tahapannya adalah, ASIP habis dipompa jangan langsung ke freezer, simpan dulu minimal 30 menit di kulkas bawah
@ID_AyahASI: Kalo mau diminum ke bayi dalam jangka waktu 7 hari kedepan, ga perlu simpan di freezer, kulkas bawah aja cukup, kan tahan 3-8 hari
@ID_AyahASI: Tentang daya tahan ASIP, bisa cek gambar ini yah..
DayaTahanASIP
@ID_AyahASI: Untuk penyimpanan di kulkas atau freezer, sebaiknya disimpan di bagian belakang, jangan paling depan atau deket pintu
@ID_AyahASI: Kalo deket pintu, karena sering dibuka, suhu panas dari luar bisa pengaruhi daya tahannya, sementara kl dibelakang agak terlindung
@ID_AyahASI: #ASIP yang disimpan di kulkas bawah atau freezer boleh digabung dengan makanan lain, pake box lagi lebih baik
@ID_AyahASI: Ada yang kurang ga yah, kayanya untuk cara simpan di kulkas udah cukup yak…hehehe, sekarang cara sajikan yuk :D
@ID_AyahASI: Apakah ASIP yang diberikan ke bayi harus hangat, jawabannya TIDAK harus, kalo suka dingin, dan ga alergi dingin, tidak apah
@ID_AyahASI: Menyajikan ASIP hangat kayanya lebih sekedar kebiasaan kita dan juga agar sedikit sama dgn suhu ASI pas nenen
@ID_AyahASI: ASIP beku dari freezer sebaiknya dicairkan dulu didalam kulkas, jadi turunkanlah pada malam sebelumnya dari freezer
@ID_AyahASI: ASIP yang mencair dikulkas tahan 24 jam SEJAK mencair seluruhnya, bukan 24 jam sejak diturunkan yak
@ID_AyahASI:
Inget prinsip tadi kan, hindari perubahan suhu mendadak, jadi baiknya dari freezer jangan langsung dihangatkan
@ID_AyahASI: Kalo pake Bottle Warmer, gunakan dibawah suhu 40 derajat, suhu diatas 40 derajat bisa rusak kandungan ASI
@ID_AyahASI: Biasanya bayi suka ga habis kalo minum #ASIP kan, biar ga kebuang, bagi 2 dulu aja pas masih dingin didalam kulkas
@ID_AyahASI: Jadi bagian yg satu bisa disimpan di kulkas dulu, bagian yang satu dihangatkan untuk segera diminumkan ke bayi
@ID_AyahASI: Karena ASIP sisa yang udah kena mulut bayi akan mengandung bakteri dari air liurnya,maksimal disimpan hanya 1 jam
@ID_AyahASI: Gimana kalo lupa min? Sementara bayi mau minum, dan hanya ada ASIP dari freezer? Jeng-Jeeeng…
@ID_AyahASI: Gini, siapkan ASIP Beku, siapkan mangkuk isi air hangat, rendem ASIP beku di mangkuk air hangat itu, ganti airnya jika sudah tak hangat
@ID_AyahASI: Ulangi proses penggantian air hingga ASIP beku di botol mencair…gunakan cara ini kalo darurat yak :D
@ID_AyahASI: Nah, kalo udah dihangatkan lalu bayi ga jadi minum min? Boleh disimpan utk waktu 4-6 jam atau utk jam minum berikutnya
@ID_AyahASI: Karena sudah dihangatkan, kalo mau masuk kulkas lagi jangan dihangatkan kembali yak..cukup hangatkan 1 kali
@ID_AyahASI: Edaaan, pegeeeel ajaaaaaah inih..hahaha, semoga udah lengkap yaaak…dari kenyang sampe laper lagi nihhh..hahaha
@ID_AyahASI: Udah ah, bahasan tentang daya tahan ASIP dan lainnya bisa cek juga di bit.ly/ManajemenASIP, sekarang mau jawab bbrp pertanyaan
@ID_AyahASI: nah, ini RT @MotherAle: ID_AyahASI min, gimana cara tau asipnya udah tidak layak untuk disajikan? Thanx ;)
@ID_AyahASI: @MotherAle sampe sekarang belum ada panduan resmi ttg ASIP yg rusak atau tak layak minum, kayanya @drOei mau lakukan penelitian ttg ini deh
@ID_AyahASI: @MotherAle tapi yang biasa kita gunakan adalah identifikasi dari rasa dan bau yang tajam, kaya susu basi gitu deh
@ID_AyahASI: @MotherAle kalo lewat bbrp jam dari panduan daya simpan, jangan langsung buang, meski lewat jam simpan, ga berarti lgsg rusak #ASIP
@ID_AyahASI: @MotherAle bayi paling tahu mana #ASIP rusak dan yang tidak, kalo masih doyan dan diminum berarti ASIP masih bagus
@ID_AyahASI: @MotherAle yang jadi patokan adalah lidah bayi, bukan lidah orang dewasa yak, lidah kita udah “ga alami” hehehe #ASIP
@ID_AyahASI: yang udah cair, jangan dibekukan lagi RT @dianbenny: ID_AyahASI gimana kalo soal mati lampu min?asip mencair boleh ga dibekuin lagi?
@ID_AyahASI: @dianbenny oh iya, biasakan untuk bikin batu es pake plastik es, kalo mati lampu si es batu ini berguna untuk bantu jaga suhu #ASIP
@ID_AyahASI: Demikian. thanks